Lanxess Jerman Beli Perusahaan AS Chemtura USD2,7 Miliar

Senin, 26 September 2016 - 18:27 WIB
Lanxess Jerman Beli Perusahaan AS Chemtura USD2,7 Miliar
Lanxess Jerman Beli Perusahaan AS Chemtura USD2,7 Miliar
A A A
FRANKFURT - Setelah Bayer AG mengakuisisi perusahaan agrokimia asal Amerika Serikat, Monsanto senilai USD65 miliar, kini perusahaan Jerman lainnya melakukan aksi serupa. Perusahaan karet sintetis terbesar di dunia, Lanxess AG dikabarkan membeli perusahaan petrokimia asal AS, Chemtura sebesar 2,4 miliar euro atau setara dengan USD2,7 miliar.

Melansir Reuters, Senin (26/9/2016), Lanxess AG menggunakan dana dan pinjaman baru untuk membeli Chemtura. Lanxess pun membayar setiap saham Chemtura sebesar USD33,50 per saham, naik 19% dari nilai sebelumnya. Dan pengambilalihan tersebut menjadi yang terbesar dalam bisnis karet sintetis di dunia.

“Bisnis Chemtura sangat bermanfaat dan memberi keuntungan dari segi bahan baku. Itu sebabnya harga yang kami bayar merupakan nilai yang adil,” kata Chief Executive Officer Lanxess, Matthias Zachert seperti dikutip Fortune, Senin (26/9/2016).

Pembelian tersebut dalam upaya mendorong diversifikasi dari unit karet sintetis, yang saat ini bergantung kepada industri otomotif. Dengan pembelian ini, Lanxess akan masuk ke bisnis baru, yaitu kimiawi seperti bahan obat dan pestisida, bahan kimia penyamakan kulit, pigmen konstruksi beton, dan bahan kimia pengolahan air.

Sebelumnya pada 2008 lalu, Lanxess juga mengakuisisi produsen karet dari Brazil, Petroflex sebesar 280 juta eiro dan pada 2010 membeli perusahaan petrokimia Belanda, DSM senilai 310 juta euro.

Aksi korporasi tersebut mendongkrak saham Lanxess naik 8% pada perdagangan hari ini, merupakan yang tertinggi dalam setahun belakangan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7294 seconds (0.1#10.140)